Halo sahabat selamat datang di website tradingsaham.net, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Tipe Profesi Sekuritas yang Anda Harus Tahu, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Istilah sekuritas sangat sering dibicarakan oleh investor. Sekuritas adalah profesi yang menarik dan memiliki berbagai macam tipe, lho!

Namun, sebelum membahas hal tersebut ada baiknya Anda tahu pengertian dari sekuritas itu sendiri.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa sekuritas adalah bukti utang atau kepemilikan modal dalam bentuk surat berharga. Surat berharga tersebut bisa diperdagangkan ke orang lain.

Sekuritas juga bisa diartikan sebagai bentuk kepemilikan dari perusahaan yang merilis sekuritas tersebut.

Perusahaan sekuritas sendiri adalah entitas yangs udah diberikan izin oleh OJK sebagai dealer, underwriter, atau kegiatan lain dengan ketentuan yang dibuat oleh Pengawas Pasar Modal.

Perusahaan sekuritas juga ditopang oleh berbagai profesi yang ada. Lalu apa saja profesi tersebut? Berikut adalah penjelasan yang dikutip dari Lifepal.

Tipe Profesi Sekuritas

Wakil Perantara Pedagang Efek

Wakil perantara pedagang efek sering juga disebut sebagai broker ataupun dealer. Pekerjaan ini memiliki fungsi sebagai pihak yang mewakili perusahaan dalam pelaksanaan perdagangan efek.

Kegiatan jual beli tersebut bisa dilakukan di Bursa Efek. Jika dilakukan di luar bursa efek sering kali disebut sebagai transaksi Over The Counter (OTC).

Wakil Penjamin Emisi Efek

Wakil penjamin emisi efek atau underwriter adalah pihak yang menjadi wakil dari perusahaan untuk berbagai kegiatan yang terkait dengan penjaminan emisi efek.

Underwriter akan memberikan bantuan kepada calon emiten atau perusahaan untuk melakukan Initial Public Offering (IPO).

Selain itu, mereka juga akan membantu perusahaan yang akan go public, dengan ada atau tidaknya kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak laku.

Wakil Manajer Investasi

Wakil Manajer Investasi adalah pihak yang menjadi wakil perusahaan tentang berbagai kegiatan yang berhubungan dengan portofolio efek.

Manajer investasi juga sering disebut sebagai perusahaan yang melakukan pengelolaan terhadap portofolio reksa dana yang dimiliki masyarakat.

Pekerjaan yang dilakukan manajer investasi antara lain adalah mengelola portofolio nasabah baik secara individual maupun kolektif.

Ikuti kami di Youtube dan Twitter, gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Trader di Indonesia

Itulah tadi informasi mengenai Tipe Profesi Sekuritas yang Anda Harus Tahu dan sekianlah artikel dari kami tradingsaham.net, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.